Pertanyaan
1:
Menurut
pendapat saya, tipe struktur organisai yang diimplementasikan oleh Starbucks
Coffe adalah Geographic Divisions dan Product Based Divisons. Geographic
Struktur organisasi di Starbucks Coffe sangat
memprioritaskan dalam penempatan wilayah maupun letaknya yang di bilang cukup
di kenal di kalangan masyarakat, karena itulah faktor utama dalam mengedepankan
dan memperkenalkan produk Starbucks Coffe untuk wilayah – wilayah yang belum
terjangkau, karena jika salah dalam pemilihan tempat tersebut akan menjadi
kesulitan tersendiri, bagi kalangan masyarakat yamg belum mengenal Starbucks
Coffe.
Dan untuk Struktur Product Based Divisions,
Starbucks Coffe kita mengetahui bahwa selama ini produk yang dikeluarkan oleh
pihak Starbucks Coffe adalah produk yang menghadirkan produk utama adalah
kopi dan teh. Setiap produk
yang di keluarkan cukup memuaskan kalangan masyarakat sekitar, apalagi saat ini
banyak persaingan produk kopi . Starbucks Corporation selain terkenal
dengan kualitas kopinya juga dikenal dengan pelayanan konsumen dan perusahaan
dengan biaya yang
tinggi. Starbucks membangun sebuah lingkungan bisnis dimana mensosialisasikan
ke konsumen sebuah produk dengan harga yang sesuai dengan produknya dan tidak
ada batasan umur untuk datang dan menikmati produk di outlet.
Pertanyaan
2:
Perlu
juga diketahui bahwa perencanaan struktur organisasi sarat dengan banyak
kepentingan. Karena perencanaan struktur organisasi adalah “sumber rejeki” bagi
orang-orang tertentu. Karena itu menjadi penting kiranya untuk memperhatikan
prinsip paling mendasar dalam merencanakan struktur organisasi. Yang pertama
adalah struktur organisasi harus mendukung tercapainya visi dan misi
perusahaan. Kepentingan perusahaan adalah pokok pertama yang harus menjadi
concern kita dalam menyusun struktur organisasi.
Berikutnya
struktur organisasi harus dapat memperhatikan dan mengakomodir kemampuan
perusahaan, terutama kemampuan finansial perusahaan terkait dengan gaji dari
orang-orang yang akan mengisi struktur organisasi. Jika perusahaan anda tidak
memilki kemampuan finansial yang memadai namun anda membuat struktur organisasi
yang memanjang dengan banyak pejabat eksekutif, maka tentu saja hal itu akan
membebani kemampuan finansial sebuah perusahaan.
Karenanya struktur organisasi tidak
boleh sembarangan asal copy paste dari struktur organisasi perusahaan lain
karena perusahaan lain pasti punya pertimbangan dalam menetapkan struktur
organisasi tertentu. Kalaupun mau copy paste, harus memperhatikan lingkup
bisnis dari perusahaan lain, karakteristik dari perusahaan lain tersebut, latar
belakang dan tujuan dari perusahaan lain tersebut membuat struktur organisasi
tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar